Melatih Anak untuk Bersikap Dewasa
SuperUser Account
/ Categories: CeritaSamaMixagrip

Melatih Anak untuk Bersikap Dewasa

 

Sebagai orang tua, tentu Anda sering dihadapkan pada situasi dimana anak menolak mengikuti kemauan Anda. Padahal Anda merasa bahwa apa yang Anda inginkan adalah yang terbaik untuknya. Kesal rasanya, tapi tetap harus menahan diri agar tidak terjadi kontak fisik. Lalu bagaimana baiknya menghadapi situasi demikian? Dan apakah anak yang tidak menurut adalah sebuah kesalahan?

 

Mungkin hal pertama yang sebaiknya Anda ingat adalah bahwa setiap anak memiliki jalan hidupnya sendiri. Hal ini tentu bukan berarti kita membiarkan begitu saja apapun yang terjadi dalam hidup anak, karena sebagai orang tua kita berperan penting sebagai pembimbing. Lalu bagaimana cara membimbing yang baik? Jawabannya tentu kembali pada keinginan kita sebagai orang tua akan jenis anak yang bagaimana yang ingin kita lihat saat dia tumbuh besar nanti. Jika ingin melihat anak yang penurut, Anda bisa gunakan model ‘kusir dan kuda delman’. Ingin ia belok kanan, maka belokkan ke kanan. Ingin belok kiri, maka belokkan ke kiri. Tapi jangan menyesal jika kelak ia tidak mengenal pilihan hidup yang selama ini ada dan tumbuh tanpa inisiatif. Ia juga akan kesulitan dalam mengambil keputusan hidupnya sendiri.

 

Tapi Anda tak perlu panik, karena solusinya cukup mudah. Anda hanya perlu membiasakan dia dengan pilihan pembanding sejak kecil. Misalnya, saat ia ingin arum manis padahal kita tahu hal itu kurang baik. Kita bisa berikan pilihan pembanding yang kita tahu juga akan memikat hatinya, misalnya tempat pensil bergambar tokoh superhero kesukaannya. “Deva mau arum manis atau kotak pensil jagoan?”. Mungkin ia tidak akan langsung memilih kotak pensil tersebut, namun dengan membiasakan dia dengan pilihan pembanding, kita terus melatih dia untuk berperilaku dewasa dalam mengambil keputusan. Dan yang penting, keputusan akhir tetap ada pada diri anak, demi kesiapan dia menghadapi dunianya.

Previous Article Tips Cocok Mempersiapkan Diri Jadi Mahasiswa
Next Article Ingin Belajar Gitar? Pilih Gitar yang Cocok
Print
90 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

Artikel Terfavorit

RSS