Seberapa Seringkah Cocoknya Mengganti Seprei?
SuperUser Account
/ Categories: CeritaSamaMixagrip

Seberapa Seringkah Cocoknya Mengganti Seprei?

Tips kebersihan rumah akan hal yang seringkali luput dari pikiran kita. Coba ingat-ingat kapan terakhir kali Anda mengganti seprei tempat tidur? Minggu lalu? Bulan lalu? Atau seprei tersebut satu-satunya yang Anda miliki? Eww. Tahukan Anda jika seprei merupakan salah satu tempat ‘terkotor’ di dalam rumah? Seprei Anda, meskipun terlihat selalu bersih, merupakan tempat dimana tungau debu, bakteri, dan jamur tumbuh subuh. Masak sih?

 

Profesor Kesehatan dan Lingkungan dari University of Salford, Dr Lisa Ackerley, menjelaskan betapa kotornya seprei kita. Sisa keringat, sel-sel, bahkan setengah ons kulit kita luruh setiap pekan. Semuanya menempel di atas seprei. "Lingkungan lembap juga jadi tempat berkembang biak yang ideal untuk tungau debu. Tempat tidur rata-rata mengandung 10 juta tungau debu yang dapat memicu reaksi alergi," kata Dr. Ackerley.

 

Direktur Klinis Mikrobiologi dan Imunologi dari New York University's Langone Medical Center, Philip Tierno, juga mengungkap bahwa banyaknya sel kulit mati, keringat, dan kotoran lain di seprei tidak menutup kemungkinan adanya bakteri jahat. Misalnya bakteri fecal pada Ecoli yang berbahaya. Belum lagi jika Anda memiliki kebiasaan makan di atas tempat tidur atau bermain bersama hewan peliharaan disana.

 

Lalu bagaimana baiknya? Tierno menyarankan untuk mengganti seprei setiap satu atau dua pekan sekali. Dengan demikian pertumbuhan mikroorganisme bisa dihambat. Anda juga bisa mempraktikkan tips dari Dr. Ackerley. Buka jendela setiap pagi, kebas dan lipat selimut, letakkan di bagian kamar yang terkena sinar matahari. Ini membantu melepaskan uap air dan mencegah kelembapan. Nah, tunggu apalagi. Yuk kita bersih-bersih rumah dan ganti seprei tempat tidur.


sumber: https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/kapan-harus-mengganti-seprei

Previous Article MENYUSURI CAGAR BUDAYA JEMBATAN MERAH
Next Article Granola dan Hidup Sehat: Cocok?
Print
112 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

Artikel Terfavorit

RSS