Tips Cocok Mempersiapkan Diri Jadi Mahasiswa
SuperUser Account
/ Categories: Tips Cocok

Tips Cocok Mempersiapkan Diri Jadi Mahasiswa

 

Sebagai seorang calon mahasiswa baru, kalian akan dihadapkan pada banyak hal terkait persiapan menuju dunia kampus pasca masa putih abu-abu di SMA. Tentunya akan ada banyak hal yang harus mulai kalian siapkan agar supaya kalian dapat diterima untuk melanjutkan kuliah di tempat yang cocok dengan passion kita. Berikut ini ada beberapa tips dan trik sederhana yang dapat dilakukan bagi kalian yang sebentar lagi akan menyandang gelar sebagai seorang mahasiswa:

 

1.  Awali dengan niatan yang benar, karena niat inilah yang akan menuntun bagaimana keberjalanan studi kita kedepannya

 

2.  Lanjutkan dengan persiapan yang matang dalam hal pemilihan jurusan ataupun program studi yang hendak kita masuki. Kita dapat berdiskusi dengan orangtua, teman, bahkan guru BK (Bimbingan Konseling) di sekolah kita masing-masing. Terbukalah dengan segala saran dan arahan yang mereka berikan, cermati dan cernalah perlahan setiap saran dan arahan yang kalian terima. Bagaimanapun kalianlah yang pada akhirnya menentukan kemana akan melanjutkan studi.

 

3.  Belajar sungguh-sungguh agar mendapatkan nilai yang terbaik dari usaha yang terbaik pula sehingga kita dapat diterima di jurusan ataupun program studi incaran kita.  Ikutilah bimbingan belajar (bimbel) yang selalu rutin mengadakan suatu program intensif maupun try out khusus persiapan ujian masuk PTN/PTS.

 

4.  Sering-seringlah berkomunikasi dengan kakak tingkat alumni SMA kalian yang sudah mendahului kalian memasuki dunia kampus, galilah sebanyak mungkin informasi terkait tips dan trik bagaimana agar dapat lolos dalam seleksi. Jangan malu ataupun ragu untuk menyampaikan hal-hal yang menjadi kendalamu niscaya mereka akan dengan senang hati membimbing dan memberikan solusi bagi kalian.

 

5.  Buatlah kelompok-kelompok belajar kecil yang terdiri dari teman dekatmu yang memiliki satu visi dan misi yang sama sehingga bisa saling memotivasi ataupun saat kalian menemui kendala saat belajar sendiri.

 

6.  Tanyakan kepada gurumu di sekolah ataupun mentor bimbelmu saat kalian menemui permasalahan dalam memecahkan soal yang kamu rasa sulit untuk kamu pecahkan sendiri. Kamu juga dapat berdiskusi dengan temanmu yang kamu anggap menguasai dalam suatu mata pelajaran tertentu.

 

7.  Jangan ragu untuk menginvestasikan sebagian uangmu untuk kalian belanjakan buku-buku yang berisi latihan soal yang akan mengasah kemampuanmu lebih dalam, sehingga akan menambah jam terbangmu dalam memecahkan suatu soal. Practice makes perfect!

 

8.  Ulang kembali pelajaran ataupun materi yang telah kamu dapat di sekolah maupun di bimbel agar semakin membekas di ingatanmu, baik itu rumus-rumus, angka-angka, atau bahkan hafalan mati yang bagi sebagian orang akan terasa sulit jika tidak terbiasa. Buatlah bermacam-macam jembatan keledai untuk memudahkanmu mengingat hal tersebut.

 

9.  Jangan lupa untuk selalu meminta restu orangtua agar supaya mendoakan yang terbaik bagi kalian, karena tiadalah arti usaha tanpa ridho dan doa dari mereka.

 

10. Last but not least, selalu  jaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Karena untuk melewati fase-fase sulit  ini  akan  dibutuhkan  fisik  dan  mental yang  kuat. Jangan sampai semua persiapan yang telah dan sedang kalian lakukan sia-sia karena sakit. Apalagi cuaca kadang berubah-ubah tidak menentu yang dapat mempengaruhi tubuh kita. Jangan lupa olahraga yang teratur, makan makanan dengan porsi cukup dan gizi yang seimbang,  serta istirahat yang cukup. Saat kita terserang flu, ingat selalu minum Mixagrip karena Mixagrip cocok untuk meredakan dan meringankan gejala flu.

 

“Kita setuju, semua cocok minum Mixagrip. Saya cocok minum Mixagrip, semua cocok minum Mixagrip. Sakit flu memang cocok minum Mixagrip.”

 

Demikian tips cocok ala saya dalam menghadapi ujian seleksi masuk kampus, trust me it does work!

 

#CeritaSamaMixagrip

Mustafa Mahmud

Masmus.dr@gmail.com

Previous Article Lensa yang Cocok untuk Travelling
Next Article Melatih Anak untuk Bersikap Dewasa
Print
106 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

Artikel Terfavorit

RSS