TIPS COCOK MENJADI GURU GENERASI MILENIAL
SuperUser Account
/ Categories: Tips Cocok

TIPS COCOK MENJADI GURU GENERASI MILENIAL

 

Laju zaman seakan sudah tak bisa terbendung, dewasa ini kita sudah memasuki era millenial baru yang ditandai dengan berubahnya seluruh aspek kehidupan mulai dari teknologi, informasi, hingga pendidikan. Transformasi pendidikan yang terjadi sudah jauh berbeda jika dibandingkan dengan sebelum era ini. Hal ini menuntut kita sebagai seorang guru untuk dapat menyesuaikan diri. Adapatasi yang cepat dan tepat akan membuat kita mudah untuk menginsersi kehidupan anak didik kita, dan sebaliknya gagal beradaptasi akan menyebabkan kita semakin jauh tertinggal dengan perkembangan zaman yang sudah sangat pesat. 

Tuntutan zaman akan tersedianya tenaga guru yang ideal dan professional sudah menjadi barang wajib saat ini. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan bagi kita sebagai pendidik agar supaya bisa mengimbangi kencangnya laju perubahan zaman sehingga kita menjadi salah satu guru yang ideal di tengah masyarakat, diantaranya : 

Pertama, seorang guru yang ideal di zaman ini adalah mereka yang tidak gagap teknologi alias gaptek. Karena mau tidak mau kita sudah dihadapkan pada era dimana teknologi sudah sedikit banyak merubah tatanan kehidupan kita dan bahkan murid didik kita. Baik itu perubahan yang menuju kearah positif maupun negatif. Sehingga sudah seharusnya kita tidak lebih inferior dalam hal penguasaan teknologi dibanding dengan murid-murid kita. Menjadi guru yang selalu up to date terhadap segala bentuk perubahan zaman adalah hal wajib. Mulailah untuk bisa lancar mengoperasikan komputer, laptop, OHP, LCD, dan lain sebagainya sebagai media penunjang proses pembelajaran kita di kelas. 

 

Kedua, jadilah teman akrab bagi murid-murid kita, dimana mereka dengan tanpa canggung mau mengutarakan permasalahannya pada kita. Bangunlah trust yang kuat kepada mereka, binalah hubungan interpersonal yang baik pada masing-masing murid kita. Dengan terjalinnya hubungan saling percaya yang erat niscaya akan menumbuhkan keakraban antara guru dan murid, yang pada akhirnya hal ini akan dapat membentengi para murid dari pengaruh luar yang buruk. Jadilah tempat kembali yang hangat dan terbuka dikala mereka sedang dilanda permasalahan. 

 

Ketiga, berimprovisasilah dalam metode mengajar. Sudah tidak zamannya lagi seorang guru hanya mengajar dengan alur satu arah saja. Pembelajaran satu arah akan menyebabkan kelas #CERITASAMAMIXAGRIP

menjadi membosankan dan materi yang disampaikan tidak akan banyak membekas di ingatan murid kita. Sering-seringlah mengajak diskusi terkait materi yang kita berikan sehingga hal ini akan merangsang kreatifitas dan keaktifan dari murid kita di kelas dan juga akan menyebakan kelas menjadi lebih menyenangkan dan hidup. Gunakan alur pengajaran yang terbuka dan bersifat dua arah yang akan memunculkan timbal balik yang positif antara guru dan murid guru, serta guru bukan satu-satunya sumber ilmu yang selalu mutlak benar. 

 

Keempat, usahakan untuk selalu menyisipkan nilai-nilai moril dalam setiap materi pelajaran yang akan kita sampaikan. Hal ini menjadi penting karena pada zaman sekarang sangatlah perlu untuk membentengi moral para murid kita dari segala hal yang merusak. Apalagi di era milenial sekarang ini tidaklah sulit untuk menjumpai konten-konten negatif yang dapat merusak moril anak didik kita. Berikanah sisipan tersebut sesuai dengan situasi, kondisi dan juga porsi kita masing-masing. 

 

Kelima, mulailah untuk mengajak murid kita agar dapat membangun mimpi mereka masing-masing. Dengan mimpi yang lebih nyata tergambar akan memunculkan motivasi kuat dari dalam diri mereka untuk dapat meraihnya dengan lebih bersemangat. Sesekali mintalah mereka untuk menuliskan apa yang selama ini menjadi cita-cita dan harapan mereka di masa depan. Rangsangah imaginasi mereka dengan menceritakan kisah-kisah orang sukses sehingga mereka akan lebih termotivasi. 

 

Keenam, bangunlah mindset dalam diri murid-murid kita bahwa, “Orientasi utama bukanlah pada hasil akhir, melainkan proses untuk mendapatkan hasil akhir tersebut”. Dengan mindset yang sudah tertanam seperti ini, akan menjadikan murid kita menjadi lebih tangguh dan tidak cengeng saat menghadapi kegagalan, dan juga tidak sombong ketika menemui keberhasilan. Hargailah setiap apapun hasil yang murid kita dapatkan, berikanlah feedback positif bagi mereka sehingga hal ini akan semakin menguatkan mereka dalam proses pembelajaran dan juga akan membuat mereka tangguh dan tidak mudah menyerah saat menemui kesulitan. 

 

Ketujuh, bersikaplah tegas namun tidak keras dan juga lembut namun tidak memanjakan. Sikap seperti ini penting untuk pembangunan karakter bagi murid kita. Berikanlah reward and punishment yang sesuai bagi mereka, pujilah mereka saat mereka berprestasi dan berikan “hukuman” yang positif dan konstruktif saat mereka salah agar mereka menjadi lebih baik #CERITASAMAMIXAGRIP

kedepannya. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang ada beberapa murid yang memang memerlukan perhatian khusus, hal ini adalah wajar dan kita sebagai guru harus mampu memainkan peran sebagai orang tua kedua bagi mereka. Selayaknya orang tua, tentu kita tidak ingin membiarkan anak kita menjadi manusia yang lemah bukan? 

 

Kedelapan, jangan pernah berhenti untuk belajar. Never stop learning! Ketika kita memutuskan untuk berhenti belajar berarti kita sudah merelakan diri kita berhenti untuk berkembang. Selalu sibukkan diri kita dengan ilmu-ilmu baru yang akan menunjang performa pembelajaran kita kepada murid-murid kita. Terbukalah dengan ilmu baru yang barangkali kita belum ketahui sebelumnya. Jangan pernah merasa sudah tau segalanya karena sikap seperti itu akan menyebakan kita bersikap sombong terhadap ilmu dan hanya akan membuat kita malas belajar lebih banyak hal. 

 

Kesembilan, tentunya yang tak kalah penting seorang guru haruslah memiliki kondisi fisik yang prima, terutama saat cuaca tak menentu menyebabkan akan sangat mudah terserang berbagai penyakit, salah satunya flu. Kalau sudah terserang flu maka selalu sediakan MIXAGRIP yang selalu cocok untuk siapa saja dan sudah terkenal sejak dahulu menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia untuk mengobati sakit flu. MIXAGRIP cocok deh! 

Sekali lagi, inilah sembilan kriteria ideal yang sudah selayaknya dimiliki oleh seorang guru dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik terhadap para murid di zaman milenial ini. Jadilah idola bagi setiap murid kita. Jadilah pendidik spesialis yang berwawasan global. Akan selalu banyak tantangan dan hambatan dalam mendidik para murid generasi milenial, karena memang zaman akan terus berkembang. Permasalahan hidup akan semakin kompleks dan butuh pendekatan yang berbeda-beda. Maka teruslah bergerak menuju perbaikan atau kalian akan tergantikan.

 

#CeritaSamaMixagrip

Muhammad Fahmi Tamami

fahmitamamy98@gmail.com

Previous Article TIPS COCOK, LIBURAN NYAMAN TERUSSS….
Next Article Tips Cocok Backpacker Ala Generasi Milenial
Print
99 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

Artikel Terfavorit

RSS