TIPS MEMILIH AKTIVITAS YANG COCOK DI BULAN RAMADHAN AGAR TETAP FIT DAN PRODUKTIF
SuperUser Account
/ Categories: Tips Cocok

TIPS MEMILIH AKTIVITAS YANG COCOK DI BULAN RAMADHAN AGAR TETAP FIT DAN PRODUKTIF

 

Tak terasa sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan tiba. Bulan penuh berkah dimana banyak kebaikan dan pahala dengan mudah kita peroleh, sehingga pastinya kita tidak ingin sekejap pun melewatkan momentum berharga ini nantinya. Tentunya sudah ada banyak persiapan dari kalian untuk menyambut kedatangan bulan suci itu. Ada beberapa hal yang layak diperhatikan selama kita menjalakan ibadah di bulan Ramadhan agar kita tetap fit dan produktif, diantaranya :

 

  1. Mulailah dengan niat yang benar yakni ikhlas semata-mata karena Allah SWT dan dengan hati yang gembira sehingga kita bisa enjoy dalam menjalani serangkaian ibadah selama sebulan penuh.

 

  1. Awali pagimu dengan sahur yang bergizi, lengkapi menu sahurmu dengan variasi lauk-pauk dan sayur buah serta susu dengan porsi cukup. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi teh ataupun kopi, karena kedua minuman ini akan menyebabkan kalian banyak berkemih di siang harinya, sehingga tubuh kalian akan lebih mudah terkena dehidrasi. Hindari juga makanan yang terlalu asin, hal ini karena terlalu banyak garam di dalam tubuhmu akan menyebabkan kalian mudah cepat haus nantinya. Sebaiknya konsumsilah makanan yang mengandung tinggi serat karena serat akan membatu kalian menahan rasa lapar lebih lama.

 

  1. Konsumsilah makan sahur sewajarnya, jangan terlalu banyak ataupun terlampau sedikit. Energi dari sahurmu akan kalian gunakan untuk aktivitasmu seharian, so keep eating wisely!

 

  1. Jangan tidur usai makan sahur, selain kita memang harus menjalankan sholat subuh, ternyata tidur langsung setelah sahur akan berdampak buruk bagi kesehatan dan akan menyebabkan kita menjadi malas. Makanan yang kita konsumsi saat sahur harus  “dibakar” dengan aktivitas-aktivitas ringan usai sholat subuh, sehingga tidak akan menumpuk menjadi lemak.

 

  1. Lakukan aktivitas fisik ringan di pagi hari. Hal ini akan meningkatkan metabolisme tubuh kita sehingga sari-sari makanan dari santap sahur kita akan dengan baik diserap tubuh yang kemudian menjadi energi.

 

  1. Saat berada di tempat kerja, sebisa mungkin jangan melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat karena hal ini akan membuang sia-sia cadangan energi kita. Kurangilah aktivitas berat (jika memungkinkan) saat siang hari selama bulan Ramadhan. Ingat, kita harus menghemat energi tubuh kita sampai nanti waktu berbuka tiba.

 

  1. Jika memungkinkan, lakukan tidur siang. Tidur siang walau sejenak akan merefresh kembali fisik dan pikiran kita sehingga tubuh kita seakan mendapatkan tambahan energi baru di siang hari.

 

  1. Pasca pulang kerja, segeralah pulang ke rumah dan hindari aktivitas di luar rumah  yang tidak perlu, karena hal tersebut akan menyebabkan tubuh kita semakin dehidrasi dikarenakan cadangan cairan dalam tubuh kita semakin menipis.

 

  1. Persiapkanlah menu berbuka yang sehat dan seimbang. Hadirkan lauk pauk bergizi semisal sayur mayur, buah-buahan, daging-dagingan ataupun telur, serta siapkan beberapa butir kurma basah/kering sebagai asupan energi awal saat berbuka.

 

  1. Hindari mengkonsumsi es dalam jumlah berlebih, jangan pula mengawali buka puasa kita dengen meneggak minuman dingin. Minuman dingin akan menyebabkan kita akan merasa kenyang lebih cepat dan menyebabkan metabolisme tubuh kita akan menurun. Sebaiknya minumlah minuman bersuhu hangat atau netral agar tubuh kita “lebih siap” menerima asupan kalori dari menu berbuka yang sudah kalian siapkan.

 

  1.  Aturlah porsi makan berbuka dengan bijak. Bagilah porsi makan tersebut menjadi beberapa bagian; yakni snak kurma dan air minum hangat tepat saat bebuka. Berilah jeda dengan menunaikan sholat magrib terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan pasca sholat dengan makan porsi besar. Makanlah hingga cukup kenyang namun jangan berlebih. Makan dengan porsi yang terlalu besar saat berbuka akan menyebabkan tubuh kita menjadi malas dan mudah terserang kantuk, hal ini dikarenakan metabolisme tubuh kita akan terkonsentrasi di saluran cerna sehingga pasokan oksigen ke otak akan berkurang. Jika sudah malas dan mengantuk tentunya kita akan berat melaksanakan sholat tarawih bukan?

 

  1. Hindarkan diri kalian dari dehidrasi dengan tetap mengkonsumsi air delapan gelas sehari. Bagilah porsi gelas minum kalian dalam beberapa kesempatan. Satu gelas saat bangun tidur malam, dua gelas saat waktu makan sahur, satu gelas saat tepat berbuka, dua gelas saat makan besar, dan dua gelas sebelum tidur malam.

 

  1. Jangan tidur terlalu larut, karena hal ini akan menyebabkan tubuh kalian kekurangan waktu untuk mengistirahatkan organ-organ tubuh dengan maksimal. Tidur terlalu larut juga mungkin akan menyebabkan kita terlambat bangun sahur keesokan harinya.

 

  1. Dan pada akhirnya, tetap perhatikan kebugaran tubuh kalian selama bulan suci nanti. Tetap lakukan olahraga dengan durasi yang cukup dan dilakukan beberapa menit menjelang waktu berbuka. Pilihlah olahraga yang ringan semisal jogging, bersepeda, ataupun jalan-jalan dengan intensitas yang rutin. Olahraga sewaktu bulan puasa akan memberikan efek positif bagi metabolisme tubuh kita sehingga akan meningkatkan endurance kita selama berpuasa. Namun jika terserang flu saat di bulan puasa jangan lupa segera ambil MIXAGRIP karena MIXAGRIP terkenal cocok untuk masyarakat Indonesia dalam meredakan gejala flu. Jangan sampai serangan flu menyebabkan kita tidak maksimal mengisi bulan suci ini dengan ibadah kita. Saya cocok minum MIXAGRIP, kalian? 

 

Itulah tips-tips cocok ala saya dalam memilih aktivitas selama bulan puasa sehingga kita akan tetap fit dan produktif meskipun dalam kondisi berpuasa. Selamat berpuasa!

 

TIPS COCOK ALA SAYA

#CeritaSamaMixagrip

Nurhadi

noerhadi.hadi63@gmail.com

Previous Article Tips Cocok Nonton Bareng Piala Dunia
Next Article Lensa yang Cocok untuk Travelling
Print
106 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

Artikel Terfavorit

RSS